Search This Blog

Tuesday, January 24, 2017

mengenal serangga dan taksonomi serangga




TAKSONOMI SERANGGA



Istilah taksonomi berasal dari yunani yaitu taxis yang berarti susunan dan nomos yang berarti hukum. Jadi secara umum taksonomi berarti penyusunan yang teratur dan bernorma mengenai organisme-organisme dan kelompok-kelompok yang tepat dengan menggunakan nama-nama yang sesuai dan benar. Kegiatan identifikasi, deskripsi pengumpulan data tentang contoh serangga yang diselidiki, serta pencarian pustaka mengenai serangga tersebut seperti adaptasi, distribusi, dan macam tanaman inangnya termasuk kegiatan sehari-hari yang dilakukan seorang taksonom. Taksonomi didasarkan pada persamaan cirinya. Serangga dengan ciri yang sama dimasukan ke dalam kelompok yang sama jadi disini melakukan kegiatan klasifikasi. Kategori klasifikasi pada binatang pada dasarnya adalah. 


Golongan

Phylum

Kelas

Ordo (bangsa)

Famili (suku, marga)

Genus (keluarga)

Spesies (jenis)

Golongan binatang secara berurutan akan terdiri atas bebeeapa phylia  satu phylia terdiri atas beberapa kelas. Demikian seterusnyayang kemudian jumlahnya akan terus meningkat dalam setiap kelompok. Kelompok spesies atau jenis terdiri atas sekitas satu juta nama. Semua serangga adalah anggota dari phyllum arthropoda yaitu binatang dengan kaki yang beruas-ruas. Serangga yang biasa dikenal sebagai lebah madu dapat di klafisikasikan sebagai berikut:



Golongan : Animalia

Phyllum : Arthropoda

Kelas : Insekta

Ordo : Hymenoptera

Famili : Apidae

Genus : Apis

Spesies : Apis mellifera

Nama yang dipakai suatu spesies binatang adalah nama umum, daerah setempat dan nama ilmiah. Contoh diatas nama umum serangganya adalah lebah madu (honey bee). Nama ilmiah suatu spesies terdiri atas genus, spesies dan nama penemu (author)yang telah menemukan suatu spesies dalam susunan taksonominya.

Klasifikasi
Dunia binatang terbagi menjadi 14 phyla. Dasar yang dipakai adalah tingkat kekomplekan dan mungkin dari urutan evolusinya sehingga phyla binatang disusun dari phylum yang rendah ke phylum yang tinggi.
Serangga dikelompokan menjadi phyllum Arthropoda. Arthropoda terbagi menjadi 3 sub phyllum yaitu Trilobita, Mandibulata, Chelicerata.





Sumber : Buku Kunci Determinasi Serangga KANISIUS 1991 

No comments:

Post a Comment