Search This Blog

Monday, January 9, 2017

Morfologi Tanaman Jati Putih (Gmelina arborea Roxb)

Gambar benih jati putih by ASM

Jati putih

 Morfologi Tanaman Jati Putih (Gmelina arborea Roxb)
        Tanaman jati putih (Gmelina arborea) berupa pohon ukuran sedang, tinggi dapat mencapai lebih (30- 40) m, batang silindris, diameter rata-rata 50 cm kadang-kadang mencapai 140 cm. Kulit halus atau bersisik, warna coklat muda sampai abu-abu. Ranting halus licin atau berbulu halus. Bunga kuning terang, mengelompok dalam tandan besar (30-350 bunga per tandan). Bentuk daun bergerigi, menyerupai jantung dan berukuran 10-25 cm x 5-18 cm (Mulyana dan Asmarahman, 2010). Bunga sempurna, panjang mencapai lebih 25 mm, berbentuk tabung dengan 5 helai mahkota . Bunga mekar malam hari. Penyerbukan umumnya dilakukan lebah.

Penyebaran
        Jati putih menyebar secara alami di Nepal, India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam dan Cina Selatan. Di hutan alam jenis ini selalu tersebar dan berkelompok dengan jenis lain. Dijumpai di hutan yang selalu hijau di Myanmar dan Bangladesh, dan hutan kering menggugurkan daun di India Tengah. Tanaman ini sudah ditanam luas di berbagai negara Asia Tenggara termasuk Indonesia, Afrika Barat dan Amerika Selatan.  

Pemanfaatan
        Jati putih (Gmelina arborea) dimanfaatkan terutama sebagai bahan konstruksi ringan dan pulp. Beberapa bagian pohon dapat digunakan untuk obat dan daunnya untuk pakan ternak. 


sumber  

Mulyana, Dadan., dan Asmarahman, ceng. 2010 . “ 7 Jenis Kayu Penghasil Rupiah “. Jakarta : AgroMedia pustaka

No comments:

Post a Comment